Friday, February 24, 2017
TUGAS KARYA ILMIAH 
"Peluang Bisnis Kerja ONLINE"

karya ilmiah lingkungan bisnis



NAMA           : Budi Octaviandy
NIM               : 16.11.0283
KELAS           : 16-S1TI-05
KELOMPOK : H



S  T  M  I  K   A  M  I  K  O  M   Y  O  G  Y  A  K  A  R  T  A
Tahun Ajaran 2017/2018







KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat ALLAH SWT, atas segala limpahan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan karya ilmiah ini. Karya ilmiah ini dibuat untuk memenuhi tugas ahir dari kuliah Bisnis.

Dorongan dari orang tua saya dan juga tidak lupa dukungan dari teman-teman saya yang begitu besar sehingga saya bisa menyelesaikan tugas karya ilmiah lingkungan bisnis ini dengan tepat waktu. Sehingga saya mengucapkan banyak terimakasih untuk semuanya.

Saya sadar bahwa karya ilmiah peluang Bisnis Kerja ONLINE ini, masih jauh dari sempurna, maka saran dan kritik yang membangun dari pembaca amatlah saya harapkan demi
sempurnanya karya ilmiah peluang Bisnis Kerja Online ini. Semoga karya ilmiah lingkungan bisnis ini dapat bermanfaat dan dipakai sebagai bahan referensi yang dapat memberikan wawasan luas.
                                                           Yogyakarta, 24 February 2017





                                                                                               Penyusun


   
 Budi Octaviandy









BAB I
PENDAHULUAN

A.Abstrak
Di zaman era teknologi sekarang ini tentu saja mencari pekerjaan sungguh sangat mudah, hanya tinggal mencari keyword pekerjaan apa yang diinginkan oleh pengguna melalui internet dan jika sudah menemukan pekerjaan yang diinginkan tinggal mengirimkan surat lamaran ke pihak yang ditujuh. Namun karena perkembangan zaman sudah sangat canggih, bahkan sekarang pekerjaan sudah bisa dikerjakan hanya dengan duduk manis di rumah tanpa harus perlu pergi ke kantor, tanpa harus bermacet - macetan di jalan, tanpa harus menunggu angkutan umum datang dan juga tanpa harus terikat peraturan - peraturan yang sudah ditetapkan kantor misalnya jam kerja yang sudah ditetapkan setiap hari dan jadwal cuti yang hanya sedikit.
Beberapa orang yang memiliki keahlian yang mumpuni dan skill yang mumpuni beberapa memilih untuk menjadi pekerja bebas (Freelancer) supaya jadwal mereka tidak diatur oleh peraturan yang cukup membuat bosan karena padatnya harus bekerja dan juga sebagian alasan orang lebih memilih sebagai freelancer yaitu karena tidak maunya diatur oleh orang atau lebih senangnya bekerja secara individu.
Tentu pekerjaan freelancer tidak bisa dipandang sebelah mata, walaupun jadwal kerja yang tidak menentu dan juga kelihatan seperti pengangguran di mata masyarakat tapi sesungguhnya kalu melihat gaji yang dihasilkan oleh freelancer tentu bisa sama dengan seseorang yang bekerja di perusahaan bahkan bisa jadi gaji freelancer bisa lebih dari mereka.


Bahkan karena banyak nya website penyedia pekerjaan bagi freelancer ini di internet dan banyaknya pengguna tentu saja pekerjaan ini juga banyak dilirik oleh beberapa orang yang masih menempuh jalur pendidikan entah itu mahasiswa maupun siswa yang sudah memiliki skill yang mumpuni yang dibutuhkan dalam proyek yang yang akan digarapnya sebagai freelancer. Sudah tentu sebagai uang jajan tambahan para mahasiswa yang masih menempuh jalur pendidikan memilih sebagai freelancer juga memiliki alasan jika bekerja sebagai freelancer semasa kuliah dan sudah banyaknya hasil pekerjaan yang sudah dikerjakannya tentu saja kegiatan sebagai freelancer ini bisa menjadi tempat untuk menambah nilai dan kualitas CV nya setelah lulus untuk mendaftar di perusahaan idamannya.




BAB II
PEMBAHASAN

 

A. Mendaftar Menjadi Freelance

Jika kita mempunyai keinginan untuk bekerja sebagai freelance entah itu sebagai pekerjaan utama ataupun sebagai pekerjaan dikala waktu luang ataupun hanya untuk manambah uang jajan tentu semua itu bisa menjadi alasan. Lantas apakah, bekerja sebagai freelance itu bakalan mendapatkan uang yang cukup?
Atau mungkin banyak pertanyaan, orang itu bekerja hanya sebagai freelance, apakah gaji yang diterima sebagai seorang freelance cukup untuk memenuhi kebetuhan sehari - hari?
Ya, jika pertanyaannya seperti itu, mungkin jawaban pastinya yaitu: YA, gaji sebagai seorang freelance itu lumayan dan cukup untuk menghidupi kehidupan sehari - hari.
Bahkan untuk sebuah pekerjaan sebagai freelance ini akan dibayar dengan harga yang cukup tinggi di situs - situs penyedia pekerjaan sebagai freelance oleh pihak yang membutuhkan sesuatu untuk dikerjakan orang lain.

Berikut adalah beberapa situs - situs freelance mulai di Indonesia sampai ke luar Negeri:
1. Freelancer
Ini merupakan salah satu situs freelance terbesar dan terkenal di Dunia dan katanya sudah bekerja sama dengan lebih dari 20 juta pengusaha di Dunia. Begitu banyak jenis pekerjaan yang ada disini dan dengan berbagai upah yang berbeda - beda.
2. UpWork
Upwork merupakan situs freelance terbesar kedua di Dunia setelah freelancer. 
3. Sribulancer
Sribulancer ini merupakan situs freelance yang ada di Indonesia. Dan dalam Sribulancer ini tersedia 2 bahasa yaitu bahasa Inggris dan Indonesia, dan juga metode pembayaran di situs sribulancer ini bisa langsung dengan mentransfer uang hasil kerja kita ke nomor rekening bank yang sudah bekerja sama dengan sribulancer jadi tidak harus punya akun paypall seperti pada akun freelance sebelumnya.
4. Projects.co.id
Bila kita memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, misalnya; gitar, bahasa Inggris, computer, dan lain-lain, kita bisa memberikan les private di rumah atau bisa juga dilakukan di tempat lain tergantung kondisi yang ada.
5. Sribu.com
Sribu.com merupakan situs freelance khusus bagi anda yang memiliki kesenangan ataupun gemar terhadap desain baik itu desain logo, banner iklan, kaos, dan lain sebagainya. Dan jika kita menyukai hal itu situs ini cocok untuk freelance untuk menambah penghasilan anda.

B.Jenis Pekerjaan Freelance

Setelah kita tahu website yang menyediakan pekerjaan untuk para freelance tapi kita masih bingung pekerjaan apa yang dikerjakan sebagai freelance di website tersebut.
Tenang, kita sebagai pengguna tidak usah bingung, ada begitu banyak pekerjaan yang tersedia di situs freelance tersebut, semua tergantung kemampuan yang kita miliki sehingga kita dapat memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan kita.
Misalnya kira suka menulis di situs tersebut juga ada yang membutuhkan seseorang untuk bisa menulis artikel ataupun konten lainnya.

Suka dengan design ada pekerjaannya, jago coding juga ada. 
Jadi semua itu tergantung dengan kemampuan kita dan juga kita mau mengerjakan pekerjaan itu.

BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Menjadi freelance mungkin bisa menjadi beberapa alasan yang cukup kuat untuk menambah penghasilan dan juga untuk menambahkan sesuatu yang berguna untuk cv kita nanti untuk mendaftar kerja di kantor idaman kita kelak. Dengan memanfaatkan waktu luang yang dimiliki dan juga kita mempunyai kemampuan yang sudah cukup untuk jenis pekerjaan maka freelance bisa menjadi salah satu pilihan kita, selain jam kerja yang bebas namun dengan penghasila yang gak bisa dibilang sedikit.
B. REFERENSI
dilarang copas!!! hanya untuk referensi aja, belajar saling menghargai karya orang lain trim's

0 comments:

Post a Comment

 
;